Rabu, 09 Februari 2011

MATERI AKHLAK UNTUK SMP


I.      Materi PAI kelas VII
1.    Tawadhuk, Taat, Qanaah dan Sabar
Ø Standar Kompetensi : Membiasakan  prilaku terpuji
Ø Kompetensi Dasar :
·                Menjelaskaan pengertian tawadhu, taat, qanaah dan sabar
·                Membiasakan prilaku tawadhu, taat, qanaah dan sabar

A.   Tawadhu
Tawadhu artinya merendahkan diri untuk tidak diketahui kemampuan yang dimilikinya oleh orang lain. Orang beriman dilarang memiliki sifat takabur dan dianjurkan memiliki sifat tawadhu, karena dengan mampu bersikap tawadhu (merendahkan diri) Allah akan meninggikan derajatnya. Firman Allah SWT yang menganjurkan tawadhu dalam Qur’an S. Al A’raf ayat 205:
ä.øŒ$#ur š­/§ Îû šÅ¡øÿtR %YæŽ|Øn@ ZpxÿÅzur tbrߊur ̍ôgyfø9$# z`ÏB ÉAöqs)ø9$# Íirßäóø9$$Î/ ÉA$|¹Fy$#ur Ÿwur `ä3s? z`ÏiB tû,Î#Ïÿ»tóø9$# ÇËÉÎÈ

Artinya: “Dan sebutlah (nama) Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai” (QS. Al A’raf:205)

Keutamaan tawadhu diantaranya adalah :
a.    Akan ditinggikan derajatnya
b.    Mendapatkan cinta dari Allah
c.    Mendapatkan kasih saying Allah

B.      Taat
Taat sering disamakan artinya dengan patuh dan tunduk. Dengan demikian taat artinya patuh dan tunduk terhadap perintah atau larangan seseorang atau peraturan yang berlaku.
Taat lebih berkaitan dengan sikap dan tindakan seseorang dalam mentaati peraturan secara suka rela tanpa ada perasaan terpaksa sehingga dalam mentaati dan melakukan peraturan tersebut didasarkan pada rasa patuh dan tunduk terhadap peraturan yang berlaku. Mentaati peraturan merupakan akhlak terpuji dan hukumnya wajib. Allah SWT berfirman:
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãYtB#uä (#qãèÏÛr& ©!$# (#qãèÏÛr&ur tAqߧ9$# Í<'ré&ur ͐öDF{$# óOä3ZÏB ( . . .
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.

C.    Qanaah
Qanaah adalah suatu sikap yang menerima dengan cukup dan senang hati atas apa yang telah dianugrahkan Allah SWT kepadanya, karena merasa bahwa itulah telah menjadi bagiannya.
Imam  ibnu Taimiah mengatakan bahwa qanaah itu identik dengan zuhud, yaitu meninggalkan keinginan terhadap sesuatu yang tidak bermanfaat bagi akhirat.
Manfaat qanaah:
a.     Hatinya penuh dengan keimanan dan keyakinan yang kuat kepada Allah SWT.
b.     Mampu mewujudkan syukur kepada Allah SWT
c.     Mensapatkan kehidupan yang membahagiakan dan menyenangkan
d.     Menjadikannya mulia.

D.     Sabar
Sabar artinya teguh hati tanpa mengeluh dalam menghadapi cobaan dan ujian. Orang yang sabar tidak pernah mengeluh, tidak putus asa, tidak mudah marah, baik dalam keadaan senang maupun susah.
Sabar diperintahkan oleh Allah SWT, sebagaimana firmanNYA:
$ygƒr'¯»tƒ z`ƒÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qãYÏètGó$# ÎŽö9¢Á9$$Î/ Ío4qn=¢Á9$#ur 4 ¨bÎ) ©!$# yìtB tûïÎŽÉ9»¢Á9$# ÇÊÎÌÈ  
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu[99], Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” (QS. Albaqarah :153)
Macam-macam sabar di antaranya:
a.      Sabar dalam berbuat, artinya dalam melakukan pekerjaan tidak tergesa-gesa
b.      Sabar dalam menderita, artinya bila sedang tertimpa musibah kita menerima dengan lapang dada
c.       Sabar dalam menahan marah

II.        Materi PAI kelas VIII
1.    Zuhud dan Tawakkal
Ø Standar Kompetensi           : membiasakan perilaku terpuji
Ø Kompetensi Dasar              :
·           Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal
·           Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari

A.   Zuhud
Secara bahasa zuhud berarti perihal meninggalkan keduniawian. Menurut istilah, zuhud berarti berpaling dan meninggalkan sesuatu yang disayangi bersifat material atau kemewahan duniawi dengan mengharap dan menginginkan sesuatu yang lebih baik dan bersifat spiritual berupa kebahagiaan akhirat.
Menurut imam Al Qusyairi, zuhud adalah tidak merasa bangga terhadap kemewahan dunia yang dimiliki dan tidak merasa sedih ketika kehilangan harta. Sedangkan menurut imam Gazali. Zuhud adalah mengurangi keinginan untuk menguasai kemewahan dunia atau harta kekayaan.
Zuhud bukan berarti semata-mata tidak mau memiliki harta dan tidak sukamengenyam nikmat duniawi, tetapi zuhud sebenarnya adalah kondisi mental seseorang yang tidak terpengaruh oleh harta benda dalam dalam mengabdikan diri kepada Allah, Allah berfirman:
ŸxøŠs3Ïj9 (#öqyù's? 4n?tã $tB öNä3s?$sù Ÿwur (#qãmtøÿs? !$yJÎ/ öNà69s?#uä 3 ª!$#ur Ÿw =Ïtä ¨@ä. 5A$tFøƒèC Aqãsù ÇËÌÈ  
Artinya: (kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira[1459] terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. dan Allah tidak menyukai Setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri” (QS. Al Hadid: 23)



B.        Tawakal
Tawakal artinya berserah diri. Tawakal kepada Allah artinya berserah diri kepada qada dan qadar Allah SWT. Setelah berusaha sekuat tenaga sesuai kewajiban sebagai manusia.
Keutamaan tawakal:
a.         Tawakal kepada Allah SWT merupakan pengamalan sebagian agama
t $tBur þÅ+ŠÏùöqs? žwÎ) «!$$Î/ 4 Ïmøn=tã àMù=©.uqs? Ïmøs9Î)ur Ü=ŠÏRé& ÇÑÑÈ  
Artinya: “dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali”(QS.Hud:88)
b.         Tawakal merupakan sebagian cabang dari iman
c.         Allah SWT akan mencukupkan penjagaan-Nya dari segala kejelekan
d.         Allah SWT akan selalu mencintai orang-orang yang bertawakal
e.         Allah SWT akan menjamin rezeki
f.          Allah SWT akan member selalu petunjuk, kecukupan dan penjagaan

2.        Perilaku Tercela: Ananiah, Gadab, Hasad, Gibah dan Namimah
Ø  Standar Kompetensi         :  Menghindari perilaku tercela
Ø  Kompetensi Dasar                        : 
·           Menjelaskan pengertian ananiah, gadab, hasad, gibah dan namimah
·            Menghindari perilaku ananiah, gadab, hasad, gibah dan namimah

A.     Ananiah
Ananiah menurut bahasa artinya mengutamakan diri sendiri. Sikap ananiah disebut juga sikap egois. Orang yang bersikap ananiah lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dari pada orang lain. Sikap ini berbahaya bagi diri sendiri karena akan membawa pelakunya menjadi rakus bahkan berupaya menyingkirkan keberadaan orang lain yang akan mengganggu tujuannya.

B.      Gadab
Menurut bahasa gadab artinya marah. Marah adalah kondisi jiwa yang sangat tidak senang karena bertentangan dengan keinginan hatinya.
Marah adalah sikap yang berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Pemarah dapat menyebabkan kerugian yang besar, karena dapat melakukan apa saja yang tak dapatyang dikendalikan oleh akalnya.

C.      Hasad
Hasad menurut bahasa artinya dengkit, sedangkan menurut istilah ialah berusaha menghilangkan nikmat yang diperoleh seseorang, dan berharap nikmat tersebut berpindah kepadanya.
Sabda Rasulullah SAW:
Artinya: “Janganlah sekali-kali bersifat hasad, sesungguhnya hasad dapat membakar amal kebaikan seperti api yang dengan cepat membakar kayu kering”

D.     Gibah
Gibah menurut bahasa artinya mengumpat, menggunjing. Sedangkan menurut istilah gibah adalah memberitakan tentang kejelekan seseorang kepada orang lain, tetapi sebenarnya orang tersebut belum tentu melakukannya. Gibah merupakan perbuatan dosa yang sangat dibenci Allah SWT, firman Allah SWT
Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ  
Artinya: “Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang” (Al Hujarat :12)

E.      Namimah
Namimah artinya menceritakan sesuatu dengan maksud memfitnah. Secara istilah namimah adalah memberitakan kejelekan-kejelekan orang lain, tetapi sebenarnya orang tersebuttidak pernah melakukannya dengan maksud untuk menjatuhkan nama baiknya.
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT,
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä bÎ) óOä.uä!%y` 7,Å$sù :*t6t^Î/ (#þqãY¨t6tGsù br& (#qç7ŠÅÁè? $JBöqs% 7's#»ygpg¿2 (#qßsÎ6óÁçGsù 4n?tã $tB óOçFù=yèsù tûüÏBÏ»tR ÇÏÈ  
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang Fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu” (QS. Al HUjarat: 6)
III.      Materi PAI kelas XI
1.      Membiasakan perilaku terpuji
Ø  Standar Kompetensi         : Membiasakan perilaku terpuji
Ø  Kompetensi Dasar                        :
·           Menjelaskan pengertian Qanaah dan Tasamuh
·           Membiasakan perilaku qanaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
.
A.     Qanaah 
Qanaah adalah suatu sikap yang menerima dengan cukup dan senang hati atas apa yang telahdianugrahkan Allah SWT kepadanya, karena merasa bahwa itulah telah menjadi bagiannya.
Imam  ibnu Taimiah mengatakan bahwa qanaah itu identik dengan zuhud, yaitu meninggalkan keinginan terhadap sesuatu yang tidak bermanfaat bagi akhirat.
Hikmah qanaah dalam kehidupan bermasyarakat, antara lain:
a.         Menghilangkan kesenjangan social antara kelompok kaya dan kelompok miskin
b.         Mengurangi tindakan criminal
c.         Mewujudkan kesatuan dan persatuan
d.         Mendorong masyarakat untuk maju
e.         Menyebabkan mendapat ridho dan rahmat Allah SWT

Manfaat qanaah:
a.         Hatinya penuh dengan keimanan dan keyakinan yang kuat kepada Allah SWT.
b.         Menumbuhkan kehidupan yang baik
ô`tB Ÿ@ÏJtã $[sÎ=»|¹ `ÏiB @Ÿ2sŒ ÷rr& 4Ós\Ré& uqèdur Ö`ÏB÷sãB ¼çm¨ZtÍósãZn=sù Zo4quym Zpt6ÍhŠsÛ ( óOßg¨YtƒÌôfuZs9ur Nèdtô_r& Ç`|¡ômr'Î/ $tB (#qçR$Ÿ2 tbqè=yJ÷ètƒ ÇÒÐÈ  
Artiny: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan” (QS. An Nahl: 97)
c.         Mampu  mewujudkan syukur kepada Allah SWT
d.         Mendapatkan kehidupan yang membahagiakan dan menyenangkan
e.         Dijadikan kecukupan oleh Allah SWT
x8yy`urur Wxͬ!%tæ 4Óo_øîr'sù ÇÑÈ  
Artinya: “Dan Dia mendapatimu sebagai seorang yang kekurangan, lalu Dia memberikan kecukupan” (QS. Ad Duha:8)
f.          Menjadikannya mulia.

B.      Tasamuh
Tasamuh berarti kelapangan dada, keluasan pikiran dan toleransi terhadap sesama muslim maupun non muslim. Pembahasan tasamuh meliputi cara-cara menjaga kerukunan dan persatuan.
1.      Menjaga persatuan
a.      Kerukunan Intern umat Islam
Saat ini dalam agama Islam berkembang berbagai macam paham dan aliran. Walaupun demikian antara muslim yang satu dengan yang lain tetap merupakan saudara. Rasulullah SAW menggabarkan persaudaraan umat islam tersebut dalam hadits berikut:
Artinya:
“Perumpamaan orang Islam di dalam saying menyayangi dan kasih mengasihi adalah bagaikan satu tubuh yang apabila ada salah satu anggota yang sakit, anggota tubuh yang lain akan ikut merasakannya,tidak bisa tidur dan merasa demam”(H.R muslim)
b.      Kerukunan umat islam degan umat beragama lain
Islam merupakan agama yang memiliki toleransi yang tinggi terhadap golongan agama lain. Dakwah Islam tidak boleh dilaksanakan dengan cara kekerasan dan paksaan, tetapi harus dengan cara yang damai dan bijaksana. Hal itu terdapat Al Qur’an,
Iw on#tø.Î) Îû ÈûïÏe$!$# ( s% tû¨üt6¨? ßô©9$# z`ÏB ÄcÓxöø9$# 4 `yJsù öàÿõ3tƒ ÏNqäó»©Ü9$$Î/ -ÆÏB÷sãƒur «!$$Î/ Ïs)sù y7|¡ôJtGó$# Íouróãèø9$$Î/ 4s+øOâqø9$# Ÿw tP$|ÁÏÿR$# $olm; 3 ª!$#ur ììÏÿxœ îLìÎ=tæ ÇËÎÏÈ  
Artinya:“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); Sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. karena itu Barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, Maka Sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang Amat kuat yang tidak akan putus. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui”(QS.al Baqarah:156)
c.       Kerukunan umat Islam dengan pemerintah
Menurut tafsir ulil amri adalah orang-orang yang memegang kekuasaan diantara umat manusia yaitu pemerintah, penguasa dan pemimpin lainnya. Kita wajib mentaatinya selama peraturan itu tidak bertentangan dengan prinsif syariat Islam. Hal itu terdapat dalam QS. An Nisa ayat 59
2.      Menjaga persatuan
Salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan adalah kebersamaan, seperti firman Allah dalam QS. Ali Imran : 102. Oleh karena itu tidak layak apabila diantara sesame muslim terjadi perselisihan, perpecahan dan permusuhan. Seyogyanya umat islam lebih memperhatiakan persatuan dan kesatuan, saling menolong dan saling menghormati.
3.      Fungsi tasamuh diantaranya:
a.      Menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
b.      Menimbulkan rasa saling menghormati antar sesame
c.       Menciptakan rasa aman, tenang, damai dan keserasian dalam masyarakat
d.      Menghilangkan permusuhan, kebencian dan dendam
e.      Menjalin rasa persatuan dan kesatuan dalam bermasyarakat

1 komentar:

  1. Gan Thanks sebelumnya,,,
    posting y bagus, sukses selalu.

    BalasHapus